Friday, September 6, 2013

Menentukan Diferensiasi Produk

Memikirkan produk yang kira-kira dapat dijual tanpa banyak persaingan serta belum ada produk lain dengan merek yang kuat yang terhubung kepada produk tersebut. mempelajari apa yang bisadi buat dengan produk atau layanan yang berbeda dengan yang lain. Setidaknya produk dikemas berbeda sehingga dapat  dipersepsikan berbeda oleh pelanggan.

Apple bisa sukses dengan iPod dan iPhone-nya. Keduanya bisa membangun pasar baru yang belum dipikirkan orang lain. Mereka membuat inovasi baru, mencari celah dimana konsumen belum terpuaskan oleh produk yang ada. Mereka membangun kekuatan merek dan loyalitas pelanggan, kebanggaan memakai produk mereka, gengsi dan gaya hidup. Mereka tidak serta merta membuat produk untuk sekedar menyaingi produk lain.

iPhone dikembangkan, disaat ratusan juta orang sudah memiliki handphone. sekilas kelihatan sudah terlambat untuk memulai bisnis ini, tapi ternyata iPhone dalam waktu kurang dari dua tahun sudah merajai pasar smartphone, diposisi kedua setelah nokia untuk penjualan smartphone, mengalahkan RIM Blackberry dan Microsoft Smartphone.

No comments:

Post a Comment