Friday, September 6, 2013

Bekerjalah Secara Fokus

Dalam menjalankan sebuah usaha, sebaiknya tidak asal menerima proyek. teliti skala prioritas yang harus di terima dan di kerjakan, sehingga dapat terselesaikan secara maksimal. jangan mengembangkan terlalu banyak produk untuk satu merek yang sama atau mengembangkan banyak bisnis sekaligus disaat baru proses merintis usaha

Tujuan dari fokus adalah agar dalam setiap pekerjaan semakin ahli dan menguasai bidang usaha yang di geluti sehingga pada akhirnya akan terbangun merek yang kuat dan terkait erat dengan satu jenis produk  dibenak pelanggan. sebagai contoh, ketika orang berbicara Donat, maka pikiran orang akan tertuju pada Dunkin Donut, atau Burger, maka akan tahun yang di maksud adalah McD, Teh Botol terbersit sebagai teh botol Sosro, Pizza berarti Pizza Hut, dsb.

Dana yang terbatas jangan dipecah2 untuk berbagai jenis produk atau banyak usaha. Tanamkan semua sumberdaya untuk menguatkan kekuatan bisnis/produk kita. (Ini mungkin bertentangan dengan pendapat jangan letakkan semua telur dalam satu keranjang), tapi bagi saya justru telah terbukti, semakin kita fokus dan semakin banyak sumber daya yang kita tanamkan untuk satu jenis produk/jasa, maka hasilnya akan lebih baik.

Lama kelamaan pasar akan punya persepsi yang kuat untuk merek produk kita, karena kita fokus dan mempunyai positioning yang kuat.

Sebagai contoh:

DHL dikenal untuk pengiriman seluruh dunia

FedEX dikenal untuk pengiriman semalam sampai.

Maka mereka yang ingin barangnya terkirim dalam waktu semalam akan mempercayakan pengiriman barangnya kepada FedEX karena FedEx benar-benar berupaya untuk terwujudnya janji semalam sampai, sedangkan mereka yang ingin mengirim barang ke ujung dunia, mereka akan mempercayakannya kepada DHL, karena FedEx tidak mempunyai infrastruktur hingga kepelosok-pelosok negeri yang jauh.

No comments:

Post a Comment