Saturday, October 13, 2012

EVALUASI PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PENINGKATAN KUALITAS SARANA PRASARANA PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 1 SURAKARTA

UMMUL CHUSNAHABSTRAK

UMMUL CHUSNAH
Salah satu komponen yang harus dikelola dengan baik dalam Manajemen Berbasis
Sekolah (MBS) adalah manajemen hubungan sekolah dan masyarakat. Karena hubungan antara
sekolah dengan masyarakat pada hakikatnya merupakan suatu sarana yang sangat berperan dalam
membina dan mengembangkan pertumbuhan pribadi peserta didik di sekolah. Jika hubungan
sekolah dengan masyarakat berjalan baik, maka rasa tanggung jawab dan partisipasi masyarakat
untuk memajukan sekolah juga akan baik. Demikian halnya yang semestinya terjadi di SMA
Negeri 1 Surakarta. Sebagai sekolah yang ditunjuk Departemen Pendidikan Nasional sebagai
sekolah bertaraf internasional, maka diperlukan program peningkatan kualitas sarana prasarana
pendidikan yang sesuai dengan standar internasional. Dengan demikian, partisipasi masyarakat
dalam program tersebut sangat dibutuhkan. Maka timbul suatu pertanyaan: bagaimanakah
partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program peningkatan kualitas sarana prasarana
pendidikan di SMA Negeri 1 Surakarta.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi partisipasi masyarakat dalam
pelaksanaan program peningkatan kualitas sarana prasarana pendidikan di SMA Negeri 1
Surakarta. Adapun sasarannya adalah: mengidentifikasi program-program yang telah dilaksanakan
di SMA Negeri 1 Surakarta, mengidentifikasi sarana prasarana pendidikan di SMA Negeri 1
Surakarta, mengidentifikasi partisipasi masyarakat di SMA Negeri 1 Surakarta, menganalisis
pelaksanaan program peningkatan kualitas sarana prasarana pendidikan di SMA Negeri 1
Surakarta dan mengevaluasi partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program peningkatan
kualitas sarana prasarana pendidikan di SMA Negeri 1 Surakarta.
Metode yang digunakan dalam melakukan analisis penelitian ini adalah analisis kualitatif,
analisis kuantitatif dan analisis distribusi frekuensi. Analisis kualitatif digunakan untuk
mengidentifikasi program-program yang telah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Surakarta,
mengidentifikasi sarana prasarana pendidikan di SMA Negeri 1 Surakarta, mengidentifikasi
partisipasi masyarakat di SMA Negeri 1 Surakarta. Untuk menganalisis pelaksanaan program
peningkatan kualitas sarana prasarana pendidikan di SMA Negeri 1 Surakarta menggunakan
analisis kualitatif dan analisis distribusi frekuensi. Untuk mengevaluasi partisipasi masyarakat
dalam pelaksanaan program peningkatan kualitas sarana prasarana pendidikan di SMA Negeri 1
Surakarta menggunakan analisis kualitatif, analisis kuantitatif dan analisis distribusi frekuensi.
Dari hasil analisis diketahui bahwa bentuk partisipasi masyarakat yang menonjol adalah
dengan menyampaikan usulan dan gagasan. Adapun tingkat partisipasi yang mengacu pada
tipologi Arnstein termasuk dalam kategori placation. Dalam tangga kelima ini, masyarakat telah
memiliki beberapa pengaruh meskipun dalam beberapa hal masih ditentukan oleh pihak yang
memiliki kekuasaan. Adapun data responden adalah sebagian besar berjenis kelamin laki-laki,
berusia antara 40-50 tahun, berpendidikan sarjana strata 2, memiliki pekerjaan sebagai guru/dosen
dan wiraswasta serta berpenghasilan cukup tinggi.ABSTRACT
The relationship management between school and society is one of components to be
managed well in School Based Management because the relationship plays an important role in
developing and improving the personality of the students. When the relationship between school
and society goes well, the responsibility and the participation of the society in developing school
runs well either. The same goes for SMA 1 Surakarta. As an international standard school,
educational infrastructures quality improvement program is needed to adjust with international
standards. Accordingly citizen participation in the program is in great demand, then it causes a
question: how is the citizen participation in performing educational infrastructures quality
improvement program in SMA 1 Surakarta.
The aim of the research is to evaluate citizen participation in performing educational
infrastructure quality improvement program in SMA 1 Surakarta. And the targets are: indentifying
the programs performed in SMA 1 Surakarta, identifying educational infrastructures in SMA 1
Surakarta, identifying citizen participation in SMA 1 Surakarta, analyzing the implementation of
educational infrastructures quality improvement program in SMA 1 Surakarta, and evaluating the
citizen participation in performing educational infrastructures quality improvement program in
SMA 1 Surakarta.
The methods used in analyzing the research are qualitative analysis, quantitative analysis
and frequency distribution analysis. Qualitative analysis is used to identify the programs
performed in SMA 1 Surakarta, identify the educational infrastructures in SMA 1 Surakarta, and
identify the citizen participation in SMA 1 Surakarta. To analyze the implementation of
educational infrastructures quality improvement program in SMA 1 Surakarta is used quantitative
analysis and frequency distribution analysis. To evaluate the citizen participation in performing
educational infrastructures quality improvement program in SMA 1 Surakarta is used qualitative
analysis, quantitative analysis and frequency distribution analysis.

No comments:

Post a Comment